Tuesday, June 21, 2016

MENGENAL DAN MENGHINDARI RACUN HATI


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,


Artinya : Sesungg uhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman. Allah telah mengunci mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat." (Q.S. Al-Baqarah [2] ayat 6-7).

Jika menginginkan jasad kita tetap sehat dan bugar, tentunya kita harus melakukan perawatan dengan baik dan benar, seperti mememenuhi kebutuhannya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi. Kita jaga vitalitasnya dengan gerak badan dan olah raga. Kita juga harus jauhi dengan segala hal yang bisa merusak tubuh, seperti racun dan obat-obat keras dan mematikan. Ketika terasa sakit, maka segera kita obati dan cari solusi agar sehat kembali.

Sama halnya dengan hati kita. Hati manusia membutuhkan perawatan yang baik dan benar agar tetap vit dan bugar, tidak sakit atau mengalami gangguan fungsional. Apa bila kita merasakan hati kita sedang sakit, maka kita harus segera mengobatinya agar tidak layu dan mati.

Ada racun-racun hati yang harus kita waspadai. Apa bila salah satu racun ini telah menjangkiti hati kita, maka harus segera dihilangkan atau dicarikan obat dan penawarnya. Beberapa hal yang menjadi racun bagi hati manusia:

Banyak Bicara

"Lidah tak bertulang". Itulah istilah populer untuk menggambarkan sulitnya seseorang untuk mengendalikan dan mengontrol kata-katanya dalam berbicara. Jika tidak bisa dikendalikan, lidah kita ini akan menjadi alat kecil yang akan mengantar kita ke neraka Jahanam. Dan sebaliknya, jika kita pandai mengontrolnya, maka lidah itu akan menjadi kendaraan kita ke surga.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

Artinya, "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam." (Muttafaq 'alaih)

Dari Sahl bin Sa'id radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

Artinya, "Barang siapa bisa memberikan jaminan kepadaku (untuk menjaga) sesuatu yang ada di antara dua janggutnya dan dua kakinya, kuberikan kepadanya jaminan masuk surga." (Shahih Bukhari).

Umar bin Khaththab radhiyallahu 'anhu berkata, "Siapa pun yang banyak bicara, maka ia banyak salahnya. Dan siapa pun yang banyak salahnya, maka ia banyak dosanya. Dan siapa pun yang banyak dosanya, maka nerakalah tempat yang layak baginya." (HR. Ibnu Hibban).

Dan anaknya Umar, Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhu berkata untuk kita, "Janganlah kalian banyak bicara tanpa ada unsur dzikrullah (mengingat Allah) di dalamnya, karena hal itu menyebabkan hati menjadi keras. Dan orang yang paling jauh dari Allah adalah orang yang hatinya keras." (HR. Tirmdzi).

Islam tidak melarang kita untuk berbicara, hanya mengarahkan pembicaraan itu pada sesuatu yang baik dan bernilai ibadah, bermamfaat bagi yang bicara dan yang mendengarnya. Pembicaraan seperti itu tidak akan terwujud jika tidak didasari dengan ilmu.

Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu berkata, "Demi Allah, tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, tidak ada sesuatupun yang membutuhkan penjara lebih lama daripada lisan ini." (Kitab Tazkiyatun Nufus: 36).

Ulama tabi'in Hasan Al-Bashri berkata, "Tidaklah bisa dikatakan sebagai orang yang baik agamanya apabila orang itu tidak bisa mengontrol ucapannya."

Pandangan Liar

"Dari mana datangnya linta, dari sawah turun ke kali. Dari mana datangnya cinta, dari mata turun ke hati."

Itulah pantun yang sering dilantunkan banyak orang. Mata punya peran penting dalam hidup kita. Dengan mata yang sehat, kita tahu indahnya dunia. Dan dengan mata yang sehat pula, kita tahu indahnya tubuh wanita. Tak bermasalah jika wanita itu adalah isteri kita sendiri, yang jadi penyakit adalah jika tubuh itu milik wanita lain, maka akan menjadi titik awal dari perzinaan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

Artinya, "Sesungguhnya Allah menetapkan jatah zina untuk setiap manusia. Dia akan mendapatkannya dan tidak bisa dihindari: Zina mata dengan melihat, zina lisan dengan ucapan, zina hati dengan membayangkan dan gejolak syahwat, sedangkan kemaluan membenarkan semua itu atau mendustakannya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Kecepatan setan untuk menjadikan pandangan sebagai senjata, lebih cepat dari udara yang tempat-tempat yang kosong.

Para dokter ahli jiwa mengatakan, "Antara mata dan hati ada jalan. Apabila mata itu rusak, maka rusaklah hati. Akhirnya menjadi tempat sampah yang penuh kotoran, barang najis dan sampah. Hati seperti itu tidak layak didiami oleh ma'rifatullah (mengenal Allah) dan cinta kepada Allah. Dan yang cocok justeru sebaliknya." (Kitab Tazkiyatun Nufus: 38).

Karenanya Allah mengajarkan kepada kita agar pandangan kita tidak liar dan dalam firman-nya:

Artinya, "Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat". (QS. An-Nuur [24] ayat 30).

Abu Umamah radhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Tidaklah seorang Muslim melihat keelokan seorang wanita pada pandangan pertamanya, lalu ia memalingkan pandangannya, kecuali Allah menilainya sebagai suatu ibadah dan ia akan menikmati manisnya ibadah tersebut." (HR. Ahmad, dishahihkan oleh Imam Adz-Dzhabi).

Banyak Makan

Berlebihan dalam makan, menyebabkan banyak keburukan, anggota badannya akan ringan untuk melakukan maksiat dan berat untuk melakukan ibadah dan ketaatan. Siapa pun yang bisa mencegah perutnya dari makanan yang banyak, maka ia telah mencegah dirinya dari kejahatan yang banyak.

Ummu Mukminin, Aisya radhiyallahu 'anha berkata, "Sejak tiba di Madinah, keluarga Nabi Muhammad tidak pernah kenyang dengan roti (gandum) sampai tiga hari berturut-turut sampai beliau wafat." (HR. Bukhari ?" Muslim).

Contoh terbaik adalah ketika kita berbuka puasa. Ketika berbuka puasa, lalu kita makan banyak, melahap hampir semua jenis makanan dan minuman yang dihidangkan, maka yang sering terjadi adalah telat melaksanakan salat Maghrib karena masih asik mengunyah, dan berat melaksanakan salat Isya dan Tarawih karena istirahat dari lelahnya kekenyangan. Sama halnya di kala waktu sahur. Terlalu kenyang pada saat itu akan berefek buruk pada masa menanti waktu Subuh.

Sebagian ulama salaf (terdahulu) berpesan, "Jangan banyak makan, (jika kamu banyak makan) maka kamu akan banyak minum. Setelah itu kamu banyak tidur, akhirnya kamu banyak merugi."

Dari Al-Miqdam bin Ma'dikarib radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

"Tidaklah anak Adam memenuhi tempat yg lebih buruk daripada perutnya, ukuran bagi (perut) anak Adam adl beberapa suapan yg hanya dapat menegakkan tulang punggungnya. Jika jiwanya menguasai dirinya, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minum & sepertiga untuk bernafas." (HR. Ibnu Majah).

Pergaulan Bebas

Kawan yang baik akan mempengaruhi kita kepada perilaku yang baik. Dan orang lain pun akan mengkategorikan kita sebagai orang baik, karena komunitas kita memang baik. Demikian pula sebaliknya.

Teman yang baik biasanya akan mengajarkan kita bagaimana harus bersabar, mengajak sering pergi ke masjid, rajin salat dan banyak berdoa kepada Allah Ta'ala.

Dan akan sebaliknya jika kita berteman dengan orang yang buruk perilaku dan akhlaknya. Biasanya teman yang buruk hanya akan mengajak kepada nongkrong-nongkrong di pinggir jalan, mabuk-mabukan, mencicipi narkoba dan berbagai hal yang tidak ada mamfaat bagi diri sendiri dan justeru merugikan orang lain.

Islam tidak menuntut kita untuk menjadi pribadi yang tertutup, tapi selektif dalam memilih teman dan sahabat.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

Artinya, "Seseorang ada di atas agama temannya, maka hendaknya salah seorang kalian meneliti siapa yang dijadikan sebagai temannya." (HR. Ahmad dan Abu Dawud, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah)

Itulah empat hal yang berpotensi menimbulkan berbagai macam bentuk kemaksiatan dan dosa. Setiap dosa dan kemaksiatan adalah racun ganas yang bisa menjadikan hati kita sakit, bahkan jika tidak segera kita obati, hati kita akan menjadi mati. Setelahnya, kita akan menjadi mayat hidup yang berjalan di muka bumi. 
Semoga bermanfaat.

Post Comment

No comments:

Post a Comment