Monday, June 20, 2016

Tips Agar Tidak Ngantuk Saat Shalat Tarawih


Berikut ada beberapa tips atasi rasa kantuk saat shalat tarawih.


1. Mantapkan niat di hati kita. Niatkan kalau kita shalat tarawih itu hanya karena Allah SWT, bukan karena ikut-ikutan

2. Saat berbuka puasa hindari makan terlalu kenyang. Karena biasanya kalau kita memakan makanan terlalu kenyang akibatnya adalah terjangkit rasa kantuk yang berlebihan pada saat melaksanakan shalat tarawih. Untuk itu hindari kebiasaan tersebut. Lebih baik makan tajilan terlebih dahulu dan nanti habis tarawih di lanjutkan makan lagi sesuai keinginan kita.

3. Pada waktu siang biasakan tidur siang. Karena pada bulan puasa tidur juga termasuk ibadah. Tapi, jangan terlalu banyak tidur pada siang hari karena nanti bisa menimbulkan kepala kita menjadi pening atau pusing. Biasakan istirahat yang cukup pada siang hari untuk memulihkan tenaga pada saat melaksanakan tarawih pada malam harinya.

4. Jangan dianggap beban shalat tarawih itu. Karena kalau kita anggap seperti itu maka pada diri kita akan muncul rasa tidak semangat untuk melakukanya. Dengan ketidak semangatan itu pun pasti akan muncul rasa kantuk pada diri kita.

5. Jangan terlalu dekat dengan kipas angin. Karena udara yang dingin bisa membuat kita menjadi mengantuk. orang lain saja. Maka otomatis kita menjadi semangat.

6. Malam hari usahakan tidur lebih awal, jangan bergadang kalau memang tidak ada dikejar tugas mendesak, tidur lebih awal akan membuat badan kita senantiasa segar sampai pada sore hari sehingga tetap semangat sholat taraweh.

7. Kalau ngantuk datang ditengah sholat, berwudhu aja langsung disela – sela istirahat menuju rokaat selanjutnya.

Post Comment

No comments:

Post a Comment